Nia
2 min readAug 2, 2023

--

Indahnya berjuang bersama Allah.

Aku masih berjalan, dan terus berjalan. Sesekali dengan nafas tersengal, jantung berdebar, bahkan tersandung hingga jatuh terjerambab. Terluka, meringis, menangis, lalu menyeka air mata dengan tanganku sendiri. Bangkit, merangkak, dan perlahan berjalan kembali.

Aku sering dihinggapi rasa khawatir dan takut. Mau menghadapi ini dan itu, sampai bertanya-tanya, “gimana ya kalau ngga berhasil?”

Ustadzah Yasmin Mogahed once told us, “turn your fear into du’a, turn your anxieties into du’a. Meaning, I’m scared of something, I’m terrified that XYZ is going to happen. Everyone has fears, right? Now how do we typically deal with fear? When we typically do with fear as we feed it, imagining the scenarios, it’s getting worst. So make dua, ask Allah for protection and put your trust to Allah.”

Atau ketika aku deg-degan hendak menemui orang-orang penting, khawatir lisanku salah ucap, maka kita juga harus memohon kepada Allah sebagaimana doa Nabi Musa as. Robbisy rahli sodri, wa yassir lii amri, wahlul ‘uqdatammillisaani yafqahu qauli.

Ketika aku tidak menjumpai solusi, terasa sulit dan berat sekali, maka aku ingat pesan Allah. Laa yukallifullaahu nafsan illa wus’aha. That Allah does not burden a soul beyond that it can bear.

Aku pun percaya dengan janji-Nya, inna ma’al usri yusro. Indeed with hardship comes ease. Maka tidak ada lagi hal yang membuatku khawatir untuk terus melangkah.

Allah doesn’t ask us to be perfect, Allah just needs our progress. Jadi, selagi kita sudah berada di jalan yang benar bersama Allah, melakukan apa yang Allah perintahkan, mengusahakan yang terbaik dari kemampuan yang kita punya, maka insyaAllah pertolongan-Nya pun amatlah dekat.

Kali ini, biarkan perjalanan ini ku nikmati seorang diri. Tanpa hingar bingar suara manusia. Tanpa perlu banyak orang lain tahu. Tanpa perlu aku tampakkan detailnya. Sebab aku hanya ingin berjuang bersama Tuhanku. Aku ingin berusaha lagi untuk menjadi versi terbaik diriku, yang kali ini dibersamai dan dibantu oleh Zat Yang Maha Agung.

We have Allah, we are safe. And with Allah, everything’s gonna be fine.

--

--

Nia

A life-long learner. Associated with faith, knowledge, and wisdom.